Wednesday, April 16, 2014

TESIS KEDOKTERAN



PERBEDAAN  PENGARUH ANTARA METODE DISKUSI SIMULASI DAN
 METODE CERAMAH TERHADAP PENGETAHUAN DAN
KETERAMPILAN KADER POSYANDU



Abstrak



Latar Belakang: Posyandu merupakan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang tujuan utamanya adalah mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi. Jumlah posyandu terus meningkat namun secara kualitas masih banyak memiliki masalah. Salah satu permasalahan posyandu yang mendasar adalah rendahnya tingkat pengetahuan kader baik dari sisi akademis maupun teknis. Selama ini kader sudah mendapat pelatihan dengan metode konvensional yaitu ceramah dan tanya jawab. Kelemahannya adalah pengetahuan kader meningkat namun keterampilannya tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh pelatihan dengan metode diskusi dan simulasi dibandingkan metode ceramah terhadap pengetahuan dan keterampilan kader posyandu.
Metode: Penelitian ini berbentuk quasy experimental dengan rancangan pre and post test control group design. Populasi adalah kader posyandu di wilayah Puskesmas Karangmalang Sragen. Dengan teknik simple random sampling diambil sampel sebanyak 70 kader. Sampel dibagi ke dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen (diberi pelatihan metode diskusi dan simulasi) dan kelompok pembanding (diberi pelatihan metode ceramah). Pengetahuan dan keterampilan kader diukur sebelum dan sesudah pelatihan dengan kuesioner. Data dianalisis dengan uji t atau uji non parametrik (wilcoxon signed rank test dan mann-whitney test).
Hasil: Pelatihan dengan metode diskusi dan simulasi secara signifikan dapat meningkatkan pengetahuan (p = 0,000) dan keterampilan (p = 0,000). Pelatihan dengan metode ceramah secara signifikan dapat meningkatkan pengetahuan (p = 0,000) namun tidak dapat meningkatkan keterampilan (p = 0,083). Peningkatan pengetahuan dengan metode diskusi dan simulasi tidak berbeda signifikan (p = 0,058) dengan metode ceramah namun peningkatan keterampilannya secara signifikan lebih baik (p = 0,000).


Kata Kunci:  tesis, diskusi simulasi, ceramah, pengetahuan, keterampilan


Mau yang lengkap : cover sampai dengan lampiran, berikut jurnal hubungi 085725699483

 

No comments:

Post a Comment

Komentar boleh tapi tetep memegang teguh norma2 yang berlaku,belajar menghargai, dan saling menghormati

TENTANG NASA SUPER TRACE MINERAL

  NASA Super Trace Mineral NASA Super Trace Mineral adalah suplemen mineral terlengkap yang mengandung 76 unsur mineral makro & mikro ...